Thursday, January 28, 2010

FA on Vacation (V): ‘Bali, we’re coming...’

Sebagai hadiah atas pasca ujian tesis, Ilham diikutkan Pa Ahai ke dalam rombongan liburan kami ke Bali.

Selasa, 29 Desember 2009
Setelah terdampar di lobi hotel cukup lama, siang itu kami dijemput bus dari Fide Tour untuk memulai liburan ke Bali. BALI. Ini kunjungan ke-3 aku ke pulau kecil yang berada di antara Selat Bali dan Selat Lombok yang oleh banyak orang di dunia disebut dengan Paradise Island. Pulau Dewata. Tapi kali ini lebih elit. Sebelumnya, aku pergi ke Bali (bersama kawan-kawan) bekpekeran. Itu pun dengan modal nekat dan uang pas-pasan. Yang penting sampai Bali! Itu tekad kami waktu itu. Ke-3 kali ini, meski uang jajan terbatas tapi tur kami sepenuhnya dibiayai oleh Pa Ahai (sekali lagi thanks, Pa!).

Sayang, karena sudah larut malam, pemandangan indah di sepanjang jalan hasil proyek gila-gilaan Walanda bernama Daendels ini tak banyak yang bisa dinikmati. Sedikit terhibur dengan iringan suara merdu Michael Bublle (satu album!). Mungkin satu yang terlihat sangat mempesona jika dilihat pada malam hari. Yup! PLTU Paiton, Probolinggo dengan lampu-lampu penerangnya yang terlihat begitu eksotis. Pada malam hari, hapus pantai Pasir Putih di Situbondo, Watu Dodol di Banyuwangi, dan atraksi anak-anak koin berceburan ke Selat Bali dari atas feri ketika menyeberang dari pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk dari list yang ingin dilihat.

Rabu, 30 Desember 2009
Kami telah sampai di Bali. Belum di tempat tujuan sih, melainkan di sebuah rumah makan di wilayah Jembrana, bersiap untuk sarapan. Ops! Saat itu tak satu pun dari kami bersembilan yang mandi. Hanya menyeka. Cuci muka dan menyikat gigi. Ah, siapa yang peduli. Kami masih terlihat manis kok di antara para rombongan (^_^). Yach, walau karena gak ganti baju itu pula kami terlihat saltum ketika berada di pantai. Ada yang pakai celana jins panjang lah, baju hitam lah. Yang paling saltum tentu saja aku! :p

MUPENK!! Itulah ekspresi yang paling tepat saat kami berada di Tanjung Benoa. Ingin parasailing, naik banana boat, nge-jet ski, tapi uang jajan kami hanya cukup untuk membayar sewa perahu glass bottom yang akan membawa kami ke Pulau Penyu. Tapi ini pun cukup mengasikkan karena kami bisa memegang dan berfoto bersama si penyu, iguana, kalong, ular, juga elang. Jadi ingat, harapanku melihat penangkaran penyu dan bertualang di Pulau Sempu (di selatan Malang) bersama K Bodong dkk sampai saat ini belum terlaksana. Apakah Kk-ku yang gokil itu sedang menjalani beasiswanya di Jerman setelah menjalani kuliah panjang yang baru selesai tak lama setelah kelulusanku?! Atau sedang membidikkan kameranya sambil bertualang ke berbagai kota, gunung, pulau, seperti yang sering diceritakannya dan membuatku amat sangat iri kepadanya?




Rute tur Pulau Dewata kami menarik. Tanjung Benoa, Garuda Wisnu Kencana, pantai Dreamland, pantai Kuta, pura Tirta Empul, dinner di Jimbaran, Danau Bratan, dan tak ketinggalan pura Tanah Lot yang kesemuanya akan habis kami kunjungi pada tahun baru. Ada banyak tempat yang ingin sekali kukunjungi selain tempat-tempat tersebut. Gua Kelelawar, rumah kupu-kupu (lupa nama tempatnya), Nusa Lembongan, Nusa Penida, Pura Besakih, Danau Batur, memang banyak tempat menarik di Bali yang tak akan habis hanya dengan satu-dua-tiga kali kunjungan.

Aku menyukai Bali yang masih terlihat Bali. Rumah-rumahnya yang tidak lebih tinggi dari pohon kelapa, wangi bunga sesaji yang banyak terdapat di mana-mana (mungkin pengecualian di daerah komunitas Muslim), berbagai upacara yang tak aku mengerti, Bali yang masih asli lah! Yang sulit ditemukan sekarang tentunya perempuan Bali bertelanjang dada. Pemandangan paling menakjubkan bagi wisatawan pada belasan bahkan puluhan tahun lampau. Okelah, ada tempat yang ingin aku datangi yang sudah bukan Bali ‘asli’. Basecampnya Superman is Dead!! Adikku pasti mupenk pingin ke tempat ini karena dialah yang bikin aku juga ikutan jadi Outsiders (^_^).

Dok: Surabaya – Bali Trip, Tour da Bali. Yang moto: Me, Pa Krisna (^_^)

No comments:

Post a Comment