Sunday, January 15, 2012

Ikatan Geograf Indonesia (IGI) Regional Kalimantan Selatan

Tidak banyak yang aku ketahui tentang Ikatan Geograf Indonesia (IGI) meski pernah bertemu dengan Ketua IGI Pusat (Bapak Prof. Dr. H. Suratman, M.Sc) ketika mengikuti kongres Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI) di Universitas Gajah Mada 22-24 Februari 2008, hampir 4 tahun yang lalu. Dibenakku, mayoritas anggota IGI pastilah para dosen atau praktisi geografi. Jika pun ada anggotanya yang guru geografi, jumlahnya tidaklah banyak. Untuk mencari informasi tentang keanggotan IGI ini pun relatif sulit.

Ikatan Geograf Indonesia sebenarnya sudah familiar di telinga. Bagaimana tidak, salah satu definisi geografi yang dirujuk di buku-buku perkuliahan/pelajaran berasal dari hasil semiloka Ikatan Geograf Indonesia di Semarang tahun 1988 (Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan). Tapi yang aku ketahui hanya sampai disitu.

Beberapa waktu lalu aku mendapat join invite menjadi member di facebook IGI Kalsel. Tidak lama kemudian, kawan sesama guru geografi yang alumni Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) mengabariku bahwa kepengurusan IGI Kalsel telah dibentuk dan aku diajak ikut ‘meramaikan’. Tentu saja aku semangat, apalagi aku bukan alumni UNLAM. Menjadi anggota IGI Kalsel membuka kesempatan untukku mengenal ‘geograf’ yang ada di tanah kelahiranku ini.

IMAHAGI membuatku memiliki kawan-kawan sesama mahasiswa geografi dari berbagai daerah di Indonesia (meski aku ikutnya ketika hampir menyelesaikan studi Pendidikan geografiku di Universitas Negeri Malang. Fiuh!). Harusnya aku juga memiliki banyak ‘kawan seperjuangan’ di kampung sendiri kan ya?! Hee… Makanya ketika mendapat tugas mengikuti BIMTEK guru Geografi se-Kalsel aku semangat sekali untuk ikut (meski harus merelakan separuh masa liburan kenaikan kelas. Hikss!). Alhamdulillah, sampai sekarang aku masih saling kontak dengan beberapa kawan sesama guru Geografi pasca BIMTEK tersebut.

Gebrakan dari IGI Kalsel yang baru terbentuk, pada Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) IGI XV di Universitas Pendidikan Singaraja (UNDIKSA) Bali, 21–23 Oktober 2011 lalu, Pak Nasruddin Luthfi selaku Ketua DPW, salah satu dosen prodi Pendidikan Geografi FKIP UNLAM, memberanikan diri menjadikan IGI Kalsel tuan rumah PIT IGI berikutnya (tahun 2013). Menurutku dan kawan-kawan sih ini nekat. Tapi, semoga PIT IGI XVI ini menjadi pemicu semangat dan optimisme geograf Kalimantan Selatan untuk menghidupkan IGI Kalsel dan ikut serta memberikan sumbangsih terbaik bagi Banua. Semangat yang pernah kulihat ketika kawan-kawan berjuang menghidupkan kembali IMAHAGI Regional dan IMAHAGI Pusat yang mati suri hingga bisa eksis seperti sekarang.

Bagi kawan-kawan alumni yang ingin bergabung dan mendapatkan kartu keanggota IGI Kalsel bisa menghubungi Pak Arif Rahman Nugroho (dosen prodi Pendidikan Geografi FKIP UNLAM). Info lebih lanjut bisa join di dengan meng-add akun facebook IGI Kalsel atau facebook grup IGI Kalsel

Foto-foto kenangan bersama kawan-kawan IMAHAGI

Field Trip to Lab. Alam Parang Tritis on Kongres IMAHAGI 22-24 Februari 2008 di Yogyakarta

Pelantikan Pengurus IMAHAGI Pusat di Universitas Negeri Semarang, 11 April 2008

Bakti Lingkungan menanam pohon bakau dan nyamplung di Kab. Kendal Jawa Tengah, 12 April 2008

Serunya menanam bakau di pantura Kab. Kendal Jawa Tengah bersama kawan-kawan IMAHAGI, 12 April 2008

2 comments:

  1. Salam..
    Senang sekali mendengar bahwa Geograf Borneo akan menjadi tuan rumah PIT IGI 2013. semoga harapan dari semua pihak dapat kita tunaikan

    ReplyDelete
  2. iya, amin. semoga PIT IGI 2013 berjalan sukses dan geograf-geograf di bumi Borneo tambah maju :)

    ReplyDelete