Tuesday, November 22, 2016

PLPG di Surakarta

Tuhan memiliki cara sendiri untuk menemukanmu dengan orang-orang baru yang mampu membuatmu tersenyum dan laugh uncontrollably*

sayang gak semuanya terkumpul buat foto bareng
Surakarta. Ini kali kedua aku menginjakkan kaki disana. Meski lagi-lagi bukan untuk berwisata.

Rabu (9/11) subuh, travel yang membawa aku, kak Ilham, dan Wahyu sampai di Riyadi Palace Hotel, tempat kami akan mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) sebagai prasayarat mendapatkan sertifikasi guru selama sepuluh hari. Karena belum bisa check in, kami beristirahat di musholla hotel untuk sholat subuh dan rebahan sebentar.
Pagi itu, kami mendapat pemandangan cukup unik dari jendela musholla. Ada lokomotif lewat di depan hotel. Padahal, Jalan Slamet Riyadi merupakan jalan besar namun di sisi jalannya terdapat rel kereta api yang masih difungsikan (maklum, keberadaan alat transportasi berupa kereta api baru akan ada di Kalimantan Selatan beberapa tahun lagi).
Belum bisa check in, jadi kami pun belum dapat sarapan hotel. Kami bertiga menyisir jalan di sekitar hotel untuk mencari warung yang buka, sambil menikmati pagi di Kota Surakarta (kalau di Malang jam segitu masih mamadar* karena jadwal kuliah kami kebanyakan dimulai jam 8.45 wib, hahahaa….). Sayangnya, belum ada warung yang buka (._.”). Gerobak nasi kucing akhirnya jadi perhentian kami untuk sarapan kala itu. Excited juga sih karena itu kali pertama aku makan nasi kucing. Seingatku, Wahyu habis tiga bungkus. Kak Ilham dua bungkus. Aku sih kalem, satu bungkus (tapi plus bakwan, gorengan, dan milo panas :p).
Tidak lama setelah kami balik ke hotel, resepsionis mempersilakan kami check in. Karena sekamar diisi bertiga, rombongan/kontingen PLPG Kalsel yang terdiri dari empat perempuan dan dua laki-laki akhirnya harus berbagi. Mba Fe, Azimah, dan ka Latifah yang sudah terlebih dahulu datang tetap bertiga. Wahyu dan ka Ilham berdua (yang kemudian sharing kamar dengan pak Andi), aku yang awalnya sendirian kemudian mendapat kawan sekamar yaitu mbak Poni dan mbak Chris.
Pembukaan berjalan dengan lancar. PLPG UNS tahap 3 ini ternyata terdiri dari tiga rombel/kelas. Dua kelas mapel Bahasa Inggris, satu kelas mapel geografi. Kami menjadi satu-satunya kontingen dari luar Jateng-DIY. Berasa spesial sekaligus grogi. Tapi berdoa semoga bisa berbaur dengan peserta lainnya dan dapat mengikuti PLPG dengan baik.
Day by day…. Mengikuti PLPG ternyata tidak semenegangkan yang dibayangkan sebelumnya. Kala itu, aku teringat obrolan dengan mama lewat telepon saat mengetahui bukannya dapat di ULM atau UM, malah PLPG-ku LPTKnya dapat di UNS.
Curhatku ke mama waktu itu: kalau dapat di ULM, aku bisa sekalian pulkam (seperti Anisah, Hayuna, dan Linda). Instruktur/dosen pengajarnya pun aku kenal, jadi tidak mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan mereka. Kalau dapat di UM, selain gak perlu pergi ke luar kota, dosen pengajarnya pun aku kenal karena yang ngajar pastinya dosen-dosen yang pernah mengajariku selama kuliah di UM. Tapi mama malah bilang: ah kamu, pulang melulu yang dipikir. Kan bagus, bisa jalan-jalan ke Solo. Lagian, kamu kan belum pernah belajar di UNS. Kan asyik dapat pengalaman baru.
Mom’s right! (why she always right?!). Mungkin kalau curhat ke abah dijawabnya juga sama. Semakin banyak memiliki tempat untuk belajar, semakin banyak pengalaman yang didapat. Semakin banyak punya guru, semakin banyak ilmu yang didapat.
PLPG ini memberiku hal tersebut. Saat mengikuti kegiatan pendalaman materi (dari Pak Gamal, Bu Rahning, dan Pak Singgih), aku merasa seperti sedang mengikuti perkuliahan. Alhamdulillah, dapat ilmu dari dosen yang luar biasa. Pak Joko yang awalnya kutakuti pun ternyata saat peer teaching amat memudahkan. Peer teaching yang kutakuti pun akhirnya dapat kulalui dengan nyaman. Terima kasih, pak, bu. Senang bisa mendapat ilmu dari kalian meski hanya sebentar.

suasana belajar yang serius tapi santai (^_^)




Berbeda dengan PLPGnya kawan-kawan di ULM yang berasa reunian kuliah, PLPG-ku diisi dengan wajah-wajah yang baru kukenal (selain sesama Kalsel tentunya). Jangankan kawan kuliah (sesama UM), kawan kenal di IMAHAGI pun gak ada. Aku  malah terbilang peserta termuda di kelas karena yang lainnya ternyata banyak berasal dari jalur K2. PNS-nya baru sebentar tapi masa kerjanya (honorer) sudah dimulai bahkan ketika aku masih duduk di bangku sekolah. Lagi-lagi aku diingatkan untuk bersyukur. Ada banyak kemudahan diberikan kepadaku sejauh ini (meski menjalaninya juga gak semudah kelihatannya, hee…). Bahkan, meski sedang tugas belajar, kami diberi izin untuk mengikuti PLPG.
Selama mengikuti PLPG, alhamdulillah gak ada yang jahat sama aku (hehehee…). Selama disana, aku lupa dengan tugas kuliah (termasuk proposal tesis yang belum rampung, hiksss…) dan kerjaan yang deadinenya sebentar lagi. Sukses juga lupa dengan seseorang yang sepertinya ingat kepadaku pun tidak (ngenes!). Kerjaanku di PLPG ya duduk manis mendengarkan instruktur, menahan kantuk (hehehee….), belajar sambil nonton tv/internetan (kalau di kamar), tekun mengerjakan RPP dan media yang akan dipakai untuk peer teaching (halah), dan berbagi cerita, pengalaman, juga ilmu bersama peserta lainnya J. Alhamdulillah, semua baik dan sayang sama aku (kalaupun ada yang gak juga tak mengapa). Bahkan, aku sering digoda karena statusku yang masih single (entah harus senang atau sedih). Pas aku sakit, beberapa orang bahkan menawarkan diri untuk mengeroki punggungku supaya cepat sehat. Thanks untuk semua yang sudah perhatian saat aku sakit (terharu). Spesial thank to mbak Poni, kawan sekamarku, yang tiap pagi bangunin aku dan ngeroki aku dikala sakit. Maaf, mestinya mbak fokus belajar, gara-gara aku nonton film akhirnya keikutan fokus lihat tv. Maaf, meski janjinya menemani belajar akunya malah ketiduran. Heee… (^o^v)

setelah ujian peer teaching geografi rombel 1.3


Seringnya memang saat mau berpisah atau sudah berpisah harga kebersamaan itu baru terasa. Mungkin karena pas awal bertemu masih beradaptasi, saling mengenal, masih jaim-jaiman. Tapi, semoga meski sudah kembali ke daerah masing-masing, berkumpul dengan keluarga dan kembali sibuk dengan rutinitas, silaturahim dapat terus terjaga. Semoga semuanya sukses menjadi guru profesional yang menjadi teladan dan inspirasi tak hanya bagi murid-muridnya, tapi juga bagi banyak orang.

Ulun pasti kaina karindangan lawan bubuhan pian J
Saya pasti akan rindu dengan kalian semua J J J

PLPG Geografi tahap 3 Universitas Sebelas Maret. Surakarta, 9 – 19 November 2016.


Terima kasih untuk keluarga, SMATENERS, GeoSong, kawan-kawan, dan semua yang turut mendoakanku selama mengikuti PLPG. Alhamdulillah, dapat menjalani PLPG dengan baik dan lulus! Love you, all :* J


*laugh uncontrollably (potongan quote pajangan yang ada di AM-PM Café Purwosari, gak jauh dari hotel.
*mamadar (melanjutkan tidur pagi, bangun untuk sholat subuh kemudian tidur lagi, mbangkong lah kalau Bahasa Jawa-nya, heee….)

No comments:

Post a Comment