Thursday, June 21, 2007

Before gtg KKN-an…

Libur panjang ini aku kada bulik. Aku KKN, diterima di program percepatan penuntasan wajib belajar pendidikan dasar (Wajar Dikdas) 9 tahun dan ditempatkan di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Malam ini aku berangkat dan baru balik 25 Agustus, beberapa hari lebih panjang dari KKN yang non WAJAR. Aku sekelompok dengan 3 orang kawan sejurusan, 1 orang kawan (angkatan 2003) satu UKM (UKM Penulis. Untuk UKM entahlah apa aku masih bisa disebut anggota atau gak, soalnya aku gak pernah lagi ke sana ^.^v), dan satu kawan baru tapi sama-sama Urang Banjar . Kawan-kawan sekelompokku yang lain sejauh ini asik dan baik-baik. Semoga kami bisa jadi tim yang solid, selama bahkan sampai setelah KKN selesai.

Ada enam ruang lingkup kegiatan KKN Wajar yang harus kami laksanakan, yaitu penciptaan hubungan harmonis antara masyarakat dan pemerintah (buat kesepakatan dengan stakeholders sana), pendataan dan pemetaan Wajar Dikdas 9 tahun (mendata siswa usia SD-SMP dan membuat peta gugus pendidikan dasar), sosialisasi penuntasan Wajar Dikdas 9 tahun (kampanye/penyuluhan gitulah ke masyarakat atau calon peserta didik), peningkatan daya tampung (kayak bikin USB alias Unit Sekolah Baru, SD-SMP satu atap, kejar paket B, pondok salafiah, dan semacamnya gitu deh), peningkatan mutu pembelajaran, dan membantu pengembangan kelembagaan. Kayaknya bakal melelahkan dan penuh tantangan gitu deh! Hope i can pass it easily, amin. Soalnya aku kan asing banget dengan daerah itu, apalagi tugas terpenting yang bakal tentuin suksesnya KKN kami adalah banyaknya siswa yang bisa kami giring untuk back to school supaya angka APK dan APM daerah kami KKN naik, mencapai/lebih dari standar yang ada (95%).

KKN ntar adalah pertama kalinya aku menginjakkan kaki di Banyuwangi. Dari yang kudapat waktu pembekalan, daerah yang kutempati itu bersifat kekotaan coz dari sembilan daerahnya, 5 diantaranya berstatus kelurahan (yang lain desa). Tapi gak tau deh kayak apa kondisi desa yang paling jauh, yang ada di daerah Gunung Merapi ntuh…. (duh, bisakah slama di sana aku ngenet?!). Semoga aja kost-kostan kami kada jauh dari Banyuwangi (jar Korcamnya sih kada jauh amat, 9km-an lo, hHe…). Semoga juga bisa main ke Bali (yach, minimal sampai Gilimanuk trus balik lagi :p).

Penduduknya mayoritas suku Madura, Using (penduduk asli Banyuwangi), dan Jawa (so, tipis banget kemungkinan ketemu urang Banjar di sana, hHe…). Semoga aku gak bermasalah dalam hal adaptasi, slain beda budaya, yang paling ulah stres tuh adalah bahasa! Jangankan Madura/Using, Jawa aja aku masih banyak nganganya, padahal dah 3 tahun di Jawa… :p Katanya sih Banyuwangi tuh terkenal akan santetnya. Duh, semoga aja gak perlu berhubungan dengan hal-hal seperti itu. Semoga aku selalu dalam lindungan Allah SWT, amin.
Tadi pagi upacara dan pelepasan KKN-an. Yang ditempatkan di dekat-dekat sini (di sekitar Kota Malang) pertama brangkat, malamnya kami (rombongan Bnyuwangi), besoknya rombongan Pasuruan, Blitar, dan Malang yang agak jauhan (kalau kada salah...). Ujarnya sih Banyuwangi panas. Lumayanlah dibandingkan Malang, apalagi sekarang Malang lagi dingin-dinginnya. Jadi mungkin gak perlu bawa sweater tebal kesayanganku. Puff, tapi belum selesai packing ih! Gak ada yang bakal antar ke kampus lagi ntar malam (kecuali Eqy kawa dipaksa tuk jadi ojek!!), habis bawaan banyak banar.

Oich, apa jadinya jaket KKN aku lah? Tapi pada pakai jaket yang super big. Semoga aja bagus. 20 ribu tuh larang kan tuk biaya ngecilin jaket?! Habis, biasanya kalau urusan yang berkaitan dengan jahit-menjahit kan tinggal serahkan ke Mama. Bisa dipantau dan dah dijamin kayapa hasilnya (hHe…, promosiin Mama sendiri. Ya dunk, desainer pribadiku…!). Semoga da banyak crita menarik yang ntar bisa di post. Pokoknya, to semuanya deh termasuk aku sendiri, semoga KKNnya lancar, segala urusan dipermudah, sehat dan baik-baik aja selama KKN, dan dapat nilai A!! Met KKN to semua…!!

No comments:

Post a Comment